Thursday, November 1, 2012

GORENG-GORENGAN PONTIANAK



PISANG GORENG PONTIANAK : JAJANAN KUE TRADISIONAL YANG MENJELMA MENJADI MENU KONTEMPORER

Selain terkenal dengan Tugu Khatulistiwa, Sungai Kapuas, dan Keraton Kadariyah, Pontianak juga terkenal juga dengan berbagai kuliner khas. Bila anda berkunjung ke Pontianak, jangan lupa untuk menikmati salah satu kuliner andalannya yang lain, yaitu pisang goreng Pontianak. Sebab, pisang goreng Pontianak telah menjadi ikon wisata kuliner di kota Khatulistiwa. Pisang goreng memang merupakan salah satu makanan yang sudah akrab di kalangan masyarakat Indonesia. Ada banyak jenis pisang goreng di Indonesia. Lalu apa keistimewaan pisang goreng Pontianak ini?

Dibanding pisang goreng lainnya, Pisang Goreng Pontianak memiliki sesuatu yang unik dikarenakan adanya kremesan yang membungkus pisang goreng tersebut, sehingga akan terasa sangat renyah saat di kunyah. Namun tepung/keremesnya tidak terlalu banyak, sehingga, bentuk asli pisang masih terlihat. Pisang goreng Pontianak adalah jajanan dengan bahan dasar berupa pisang kepok yang dilapisi dengan tepung terigu, telur, dan kapur, serta dibelah hingga berbentuk kipas.

Proses penggorengan pisang goreng Pontianak dilakukan dua kali. Pisang yang digoreng matang dapat tahan hingga seharian, namun pisang yang digoreng setengah matang dapat tahan disimpan hingga 4 hari. Jadi cocok untuk dijadikan oleh-oleh bila Anda berkunjung ke Pontianak. Jika ingin dikonsumsi tinggal digoreng kembali. Selain rasa original pisang yang lezat, pisang goreng ini akan terasa lebih nikmat jika ditambah rasa coklat, susu, pandan, durian, blueberry, strawberry, kacang, nangka, mocca, selai srikaya, parutan keju dan lain-lain.

Pisang Goreng Srikaya dengan segelas kopi susu
Pisang goreng Pontianak tidak hanya terkenal di daerah asalnya, namun telah menyebar ke kota-kota lain seperti Jakarta. Ketika saya mempunyai kesempatan jalan-jalan ke kawasan Pangeran Jayakarta, Jakarta, pengunjungnya bahkan rela antri berderet-deret panjangnya untuk dapat menikmati pisang goreng ini. Ingin mencoba seperti apakah rasa pisang goreng Pontianak yang kremes ini? Beberapa pedagang pisang goreng di kawasan Jalan Gajahmada akan menjawab rasa penasaran anda.

2 comments:

  1. Tambah ilmu kulineran kamu di TOP 20 REKOMENDASI KULINER KOTA PONTIANAK sekarang! » http://bit.ly/1arUNdT #Kuliner

    ReplyDelete